Senin, 27 Juli 2015

Pulau - Pulau Terbesar di Indonesia

Sedikit bercerita tentang indonesia, merupakan negara dengan banyak kepulauan yang kurang lebih sebanyak 17,508 pulau dan luas wilayah 1,904,569 km2 Menurut CIA world Factbook. Dengan banyaknya pulau yang dimiliki, indonesia juga mempunyai beberapa pulau besar yang dibagi menjadi 3 bagian waktu yaitu waktu indonesia barat (WIB), waktu indonesia tengah (WITA), dan waktu indonesia timur (WIT). Lalu, apa saja pulau - pulau terbesar di indonesia?


Pulau Jawa

Pulau jawa merupakan tempat dimana saya tinggal yang mempunyai sebutan lain Java. Pulau yang memiliki 136.610.590 jiwa (statistik BPS tahun 2010) ini merupakan pulau dengan penduduk terbesar di indonesia. Mempunyai luas wilayah 126.700 km2 ini mempunyai 6 provinsi yaitu, banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta. Puncak tertingginya berada di Semeru dengan ketinggian 3.676 meter di atas laut. Ya, siapa yang tidak kenal dengan semeru, tempat favorit bagi para pendaki gunung yang tentu saja banyak memiliki keindahan. Sayangnya saya belum pernah kesana sampai saat ini, dan jika kalian penasaran langsung saja datang ke tempat itu.

Pulau Sulawesi

Pulau sulawesi yang memiliki sebutan lain Celebes memiliki keunikan karena bentuk pulaunya seperti huruf K. Jumlah penduduknya juga sangat banyak yaitu 17.371.782 jiwa (statistik BPS tahun 2010). Puncak tertingginya berada di Rantemario dengan ketinggian 3.478 meter di atas permukaan laut. Sulawesi memiliki beberapa provinsi diantaranya Sulawesi utara, sulawesi barat, sulawesi tengah, sulawesi selatan, sulawesi tenggara, dan gorontalo.

Pulau Sumatra

Memiliki sebutan lain Andalas pulau sumatra ini juga menjadi pulau dengan penduduk terbanyak kedua setelah pulau jawa dengan jumlah penduduk 50.630.931 jiwa (statistik BPS tahun 2010). Luas wilayah pulau sumatra ini 443.065 km2 dengan ketinggian 3.805 meter diatas permukaan laut tepatnya di Kerinci. Sumatra memiliki beberapa provinsi seperti aceh, sumatra urata, sumatra barat, riau, kepulauan riau, jambi, sumatra selatan, kepulauan bangka belitung, lampung, dan bengkulu.

Pulau Kalimantan

Mempunyai nama lain Borneo, pulai ini memiliki jumlah penduduk 13.787.831 jiwa (hanya data penduduk Indonesia). Provinsi yang dimiliki kalimantan yaitu kalimantan barat, kalimantan tengah, kalimantan selatan, kalimantan timur, dan kalimantan utara. Puncak tertingginya berada di Kinabalu dengan ketinggian mencapai 4.095 m diatas permukaan laut. Pulau ini dimiliki oleh 3 negara yaitu Indonesia, Malaysia, dan Brunnei.

Pulau Papua

New Guinea merpakan nama lain dari pulai papua, yang memiliki luas wilayah sebesar 786.000 km2 (termasuk wilayah Papua Nugini). Puncak tertingginya berada di Puncak Jaya dengan ketinggian 4.884 m diatas permukaan laut menjadikan puncak jaya memiliki salju di puncak gunungnya. Jumlah penduduknya juga terbilang banyak 3.593.903 jiwa (hanya data penduduk Indonesia) dan memiliki sedikit provinsi yaitu papua, dan papua barat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar